Kang Bupati Sugiri Sancoko melecutkan Pecut Samandiman sebagai tanda dibukanya Grebeg Suro tahun 2022
Kang Bupati Sugiri Sancoko melecutkan Pecut Samandiman sebagai tanda dibukanya Grebeg Suro tahun 2022

Pecut Samandiman Menggelegar, Kang Bupati Sugiri Sancoko buka Grebeg Suro 2022

Ponorogo, MADIUNRAYA.com Kang Bupati Sugiri Sancoko, panggilan akrab Bupati Ponorogo membuka secara resmi perayaan Grebeg Suro tahun 2022 sekaligus peringatan Hari Jadi Ponorogo ke 526.

Didampingi Wakil Bupati, Bunda Lisdyarita, Kang Bupati Sugiri Sancoko melecutkan pecut Samandiman sebagai tanda pesta budaya dan religi yang sudah dua tahun tidak dilaksanakan karena Pandemi Covid 19 itu dimulai hingga 11 Agustus 2022 mendatang.

Dalam sambutannya, Kang Bupati Sugiri Sancoko menyampaikan bahwa ditengah persiapan yang serba mendadak, akhirnya event budaya dan religi di Kota Reog itu bisa terlaksana.

"Kami ingin roda budaya dan roda santri di Ponorogo bisa berjalan dengan kolaborasi yang apik dalam orkestra peradaban yang mampu meningkatkan perekonomian bagi masyarakat Ponorogo," ucap Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Lebih lanjut Kang Bupati Sugiri Sancoko juga menjelaskan bahwa ada puluhan even budaya dan religi yang akan digelar selama Grebeg Suro tahun ini.

"Kita padukan antara Seni Budaya dan nilai religiusitas yang ada. Bahkan nanti akan ada rekor muri saat 2022 Penari Bujangganong dan Penari Sufi bergerak bersama mengikuti irama yang indah dan mempesona. Selain itu 307 dadak merak akan tampil bersama yang melambangkan bergerak bersama dalam gotong royong yang diracik menjadi kekuatan untuk bangkit setelah Pandemi Covid 19," tambahnya.

Kang Bupati Sugiri Sancoko juga meminta dukungan dari semua pihak akan bisa melaksanakan amanah yang telah diberikan dalam membangun Ponorogo.

"Dengan Bergandeng Erat, Bergerak cepat, mudah-mudahan Ponorogo bisa menjadi hebat." Tutup Kang Bupati Sugiri Sancoko.

Hadir dalam kegiatan itu Pejabat dari DPR RI, Forkopimda Jatim, Kepala Daerah dari beberapa tempat di Jawa Timur, Forkopimda Ponorogo serta ribuan masyarakat yang melihat secara langsung prosesi pembukaan Grebeg Suro tahun 2022 itu.

Selain menyuguhkan tari kolosal, sajian religi dari Grup Musik Debu menjadi tontonan menarik bagi masyarakat Ponorogo.

Atraksi menawan Kembang Api juga membuat masyarakat Ponorogo terkesima setelah sekian waktu tidak melihat hiburan secara langsung. (ADV/GIE/YAH).



Peliput : HARIYOGI WIJANARKO
COPYRIGHT © madiunraya.com

copyright© 2023 hallomadiun.com