Madiun Cat Lovers dan Kecintaannya pada Kucing, Kerap Gelar Kegiatan Rescue

Hobi memelihara kucing seolah tak ada matinya. Pun, Madiun Cat Lovers mampu menjaring puluhan pecinta kucing untuk bergabung. Apa saja agenda kegiatan komunitas tersebut?

MEOONG...!!! Suara kucing terdengar sahut-menyahut dari sebuah rumah di Jalan Sri Utomo, Kelurahan Sukosari, Kartoharjo. Maklum saja, belasan pecinta kucing siang itu tengah berkumpul di rumah tersebut. Mereka adalah anggota komunitas Madiun Cat Lovers. Masing-masing sengaja membawa kucing piaraannya.

Madiun Cat Lovers terbentuk pada 2019 lalu. Embrionya sebuah forum adopsi kucing di Facebook. Di forum itu pula sejumlah pecinta kucing kerap sharing seputar hewan bernama ilmiah Felis Catus tersebut. "Akhirnya kami sepakat membentuk komunitas. Anggotanya sekarang sudah puluhan," kata Lugas Arya Pambudi, salah seorang member Madiun Cat Lovers.

Pertemuan rutin digelar minimal satu minggu sekali. Terkadang acara kumpul bareng dilaksanakan secara outdoor. "Koleksi kami terdiri berbagai jenis kucing. Ada persian, bengal, mainecoon, dan munchkin," sebutnya.

Aktivitas anggota Madiun Cat Lovers tidak melulu kumpul dan sharing bersama. Mereka kerap melakukan rescue kucing telantar di jalanan serta memberi makan kucing liar. "Kalau kebetulan mendapati kucing di jalanan yang sakit kami beri vitamin dan rawat sementara," ungkapnya.

Bagi Lugas dkk, virus dan kutu menjadi tantangan tersendiri dalam memilihara kucing. Pun, hal itu kerap menjadi bahan diskusi mereka kala berkumpul. "Sama seperti manusia, penyakit atau virus yang menyerang kucing bisa berisiko. Jika tidak cepat ditangani akan menggerogoti tubuh kucing," ujarnya. (mg4/isd)



Hengky Ristanto

Connect With Us
OPENING: Kadindik Kota Madiun Lismawati bersama Kepala SMPN 3 Choirul Muttaqin meresmikan kelas bilingual dan Spenga E-Smart kemarin (1/8). (ARCHI FIRDAUS/RADAR MADIUN)
HANYA SEMENTARA: Puluhan kios semi permanen dibangun oleh dinas perdagangan bagi para pedagang Pasar Sleko dan Kawak selama proses perbaikan bangunan berlangsung. (BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN)
PARIPURNA: Sejumlah fraksi di DPRD menyampaikan pandangan umumnya terkait raperda perubahan APBD Kota Madiun 2023 kemarin (1/8). (BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN)
Ilustrasi Kecelakaan Kereta Api(Liputan6.com)
@istimewa
@istimewa

copyright© 2023 hallomadiun.com