Nasi Jotos Madiun
Nasi Jotos Khas Madiun

Ternyata Ini, Nasi Jotos Khas Madiun Dijamin Ketagihan

Siapa sih yang tak kenal dengan makanan nasi jotos? Makanan yang satu ini ternyata banyak kita jumpai di daerah Madiun. Bahkan saking populernya, sampai-sampai nasi jotos dijadikan makanan khas asli Madiun.

Sebutan nasi jotos sendiri hanya ada di kawasan daerah Madiun. Jika kalian berada di daerah luar Madiun, pasti orang-orang tidak tau makanan nasi jotos.

Namun ngomong-ngomong tentang nasi jotos, apakah kalian tau sejarah lengkap dan fakta unik mengenai nasi jotos? Jika belum, mari kita bahas dibawah ini.

Asal Usul Nama Nasi Jotos

Taukah kalian, jika nama nasi jotos memiliki julukan yang cukup unik bagi masyarakat Madiun dan sekitarnya. Dalam bahas jawa sendiri, "Jotos" diartikan dengan pukulan.

Jadi nama nasi jotos ini sebenarnya berawal dari tampilan atau pembungkusannya yang mirip dengan kepalan tangan. Sehingga kepalan bungkus tadi, seolah-olah ingin memukul lidah anda, agar mau mencicipi makanan tersebut.

Penyajian Nasi Jotos

Dalam penyajiannya nasi jotos terdiri dari nasi, kering tempe atau tahu, mie sayur, sambal tomat, dan terkadang di tambahkan lauk seperti tempe, tahu, hingga telur.

Nasi Jotos Khas Madiun

Dalam penyajiannya nasi jotos terdiri dari nasi, kering tempe atau tahu, mie sayur, sambal tomat, dan terkadang di tambahkan lauk seperti tempe, tahu, hingga telur.

Selain itu, nasi jotos biasanya dibungkus dengan daun pisang. Dengan bungkus yang alami, membuat makanan nasi jotos terasa lebih nikmat. Namun, di sekitaran Madiun juga terdapat nasi jotos dengan bungkus kertas nasi.

Perlu kalian ketahui, nasi jotos sendiri sebenarnya mirip dengan makanan khas lainnya seperti nasi kucing di Yogyakarta dan nasi jinggo di Bali. Tapi, nasi jotos di Madiun porsinya lebih besar dari pada nasi kucing dan nasi jinggo.

Harga Nasi Jotos

Di sekitaran Madiun harga nasi jotos sangat murah, mulai dari Rp 3.500 sampai Rp 5.000. Bagi kalian yang ingin membeli makanan yang enak dan murah di Madiun nasi jotoslah solusinya.

Cara Menemukan Nasi Jotos

Kalian bisa menemukan nasi jotos di warung, angkringan pinggir jalan, dan depot makanan di daerah Madiun. Dan rata-rata rasa nasi jotos di Madiun sangat enak.

Cara Menikmati Nasi Jotos Versi Masyarakat Madiun

Ada cara yang pas ketika menikmati nasi jotos menurut masyarakat Madiun diantaranya :

  • Nasi jotos sangat nikmat jika di santap ketika malam hari sehabis kerja.
  • Nasi jotos sangat nikmat jika didampingi minuman hangat-hangat seperti kopi, jeruk hangat, hingga teh hanggat.
  • Nasi jotos sangat nikmat jika di santap ketika hujan datang.


Sumber : www.cakwicak.com

Connect With Us
OPENING: Kadindik Kota Madiun Lismawati bersama Kepala SMPN 3 Choirul Muttaqin meresmikan kelas bilingual dan Spenga E-Smart kemarin (1/8). (ARCHI FIRDAUS/RADAR MADIUN)
HANYA SEMENTARA: Puluhan kios semi permanen dibangun oleh dinas perdagangan bagi para pedagang Pasar Sleko dan Kawak selama proses perbaikan bangunan berlangsung. (BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN)
PARIPURNA: Sejumlah fraksi di DPRD menyampaikan pandangan umumnya terkait raperda perubahan APBD Kota Madiun 2023 kemarin (1/8). (BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN)
Ilustrasi Kecelakaan Kereta Api(Liputan6.com)
@istimewa
@istimewa

copyright© 2023 hallomadiun.com