Suroan dan Suran Agung di Madiun akan Dikemas dengan Even Budaya Pendekar Wisata
Agenda Suro dan Suran Agung di Kota Madiun akan dikemas menarik sebagai wisata silat. (Ilustrasi/Hum)

Suroan dan Suran Agung di Madiun akan Dikemas dengan Even Budaya Pendekar Wisata

SelingkarWilis - Rapat koordinasi (rakor) persiapan jelang Suroan dan Suran Agung bersama perwakilan perguruan silat dan Forkopimda digelar di GCIO Diskominfo, Selasa (4/7/2023).

Pada kesempatan itu, Walikota Madiun, Maidi menginginkan Suro dan Suran Agung yang jadi tradisi tahunan di Kota Pendekar dapat dikemas dalam event pendekar wisata.

Sehingga menurutnya, dari dua agenda tersebut nantinya akan muncul event menarik yang berdampak pada ketertarikan orang luar atau wisatawan untuk datang ke Kota Pendekar.

Maidi meyakini jika kedua agenda besar tersebut dikemas lebih menarik untuk kemajuan bersama, maka juga dapat meminimalisasi kerusuhan.

Di era sekarang, lanjut Wali Kota, masyarakat sudah sadar hukum, sehingga diharapkan tidak ada tindakan menyimpang yang dapat merugikan banyak pihak terutama diri sendiri.

Madi berharap kegiatan Suro dan Suran Agung yang digelar setiap tahun bisa jadi ikon Kota Madiun.

"Harapannya dengan adanya event pendekar wisata, akan menarik wisatawan dan investor datang ke Madiun, "ujarnya, Selasa (4/7/2023).

Wali Kota Madiun Madi saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Pemkot)

Sementara itu Kapolres Madiun Kota, AKBP Agus Dwi Suryanto menyatakan, pihaknya siap melakukan pengawalan kegiatan tersebut.

Pada Suro dan Suran Agung, nantinya kepolisian akan melibatkan sekitar 1.200 personel gabungan, termasuk backup pengamanan dari Polda Jatim.

Kapolresta menyampaikan, tidak ada mobilisasi massa saat Suroan dan Suran Agung. Pun tidak ada angota perguruan silat dari luar wilayah yang masuk ke Kota Madiun.

"Tegas tapi tetap humanis, harus sesuai dengan komitmen yang sudah kita sepakati bersama. Kalau nekat masuk akan kita kembalikan, "katanya.

Untuk menyamakan persepsi terkait dua agenda besar tersebut dapat terwujud dengan aman, nyaman dan damai, rakor lanjutan akan digelar dengan melibatkan jajaran kepolisian di Korwil V Jawa Timur dan TNI. (*/red)



Editor : Redaksi Selingkar

Connect With Us
OPENING: Kadindik Kota Madiun Lismawati bersama Kepala SMPN 3 Choirul Muttaqin meresmikan kelas bilingual dan Spenga E-Smart kemarin (1/8). (ARCHI FIRDAUS/RADAR MADIUN)
HANYA SEMENTARA: Puluhan kios semi permanen dibangun oleh dinas perdagangan bagi para pedagang Pasar Sleko dan Kawak selama proses perbaikan bangunan berlangsung. (BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN)
PARIPURNA: Sejumlah fraksi di DPRD menyampaikan pandangan umumnya terkait raperda perubahan APBD Kota Madiun 2023 kemarin (1/8). (BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN)
Ilustrasi Kecelakaan Kereta Api(Liputan6.com)
@istimewa
@istimewa

copyright© 2023 hallomadiun.com