Pemkot Madiun Tutup Muhibah Budaya Mataraman Di Kota Madiun Dengan Gala Dinner

Pemkot Madiun Tutup Muhibah Budaya Mataraman Di Kota Madiun Dengan Gala Dinner

KOTA MADIUN, Grafikanews.com - Giat Muhibah Budaya di kota Madiun yang bertemakan " Merajut Budaya Mataraman Yogyakarta Di Kota Madiun, Jawa Timur" ditutup dengan acara Gala Dinner yang diselenggarakan di halaman Balai Kota Madiun. Selasa (25/7/2023) malam.

Turut menghadiri acara ini, yaitu Wakil Gubernur DI Yogyakarta KGPAA Paku Alam X, Wali Kota Madiun Maidi, Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya beserta jajaran Forkopimda.

Kegiatan untuk mengenal lebih dalam budaya Mataraman telah dilaksanakan mulai dari tanggal 20 Juli lalu. Kegiatan tersebut antara lain, Pameran Permusiuman Mahabandhana yang diselenggarakan di Rumah Dinas Wali Kota Madiun, Pawiyatan Jawa yang ada di kantor Perpustakaan dan Kearsipan kota Madiun, serta ada banyak lagi kegiatan yang bertajuk kebudayaan.

Berbagai suguhan hiburan khas budaya Mataraman ditampilkan dalam gelaran Gala Dinner, diantaranya adalah tari klasik Yogyakarta Beksan Golek Jangkung Kuning, Beksan Pethilan Anila dan Lantunan gendhing macapat yang diiringi gamelan jawa.

Menurut wali kota Madiun, Maidi, dalam sambutannya bahwa kota Madiun ini merupakan bagian dari Mataraman, sehingga sebagian besar budaya yang ada di masyarakat tidak jauh berbeda dengan budaya Yogyakarta.

"Kota Madiun ini budayanya ikut Yogyakarta, namun kemajuannya ikut dunia. Memang kita tidak memiliki banyak sumber daya alam, namun kita belajar dari Yogyakarta melalui budaya bisa terus menggali potensi yang ada untuk meramaikan kota," ungkapnya.

Maidi juga memberikan apresiasinya atas sumbangsih Yogyakarta untuk turut mengenalkan lebih dekat budaya Jawa ke masyarakat Kota Madiun melalui beragam program dan kegiatan menarik.

"Dengan Bergandeng Erat, Bergerak cepat, mudah-mudahan Ponorogo bisa menjadi hebat." Tutup Kang Bupati Sugiri Sancoko.

"Terima kasih kami ucapkan kepada jajaran pemrintah Yogyakarta, yang telah bersedia bekerja sama dengan kami dalam pengenalan budaya Jawa ke masyarakat. Semoga dengan beragam kegiatan yang telah dilaksanakan mampu melestarikan budaya kita," tutupnya. (Ph)



sumber : grafikanews.com

Connect With Us
OPENING: Kadindik Kota Madiun Lismawati bersama Kepala SMPN 3 Choirul Muttaqin meresmikan kelas bilingual dan Spenga E-Smart kemarin (1/8). (ARCHI FIRDAUS/RADAR MADIUN)
HANYA SEMENTARA: Puluhan kios semi permanen dibangun oleh dinas perdagangan bagi para pedagang Pasar Sleko dan Kawak selama proses perbaikan bangunan berlangsung. (BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN)
PARIPURNA: Sejumlah fraksi di DPRD menyampaikan pandangan umumnya terkait raperda perubahan APBD Kota Madiun 2023 kemarin (1/8). (BAGAS BIMANTARA/RADAR MADIUN)
Ilustrasi Kecelakaan Kereta Api(Liputan6.com)
@istimewa
@istimewa

copyright© 2023 hallomadiun.com